Media Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di setiapnyak  sekolah tidak selalu sama karena media pembelajaran bermacam-macam. Dari setiap media pasti ada kelebihan dan kekurangannya untuk itu kita harus bisa memilih media yang tepat dalam proses pembelajaran. Untuk itusaya bersama kelompok mencoba untuk mendiskusikan tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap media. Sein itu kami juga mencari sumber tentang kelebihan dan kekuangan media pembelajaran dan inilah hasilnya.

Kelebihan

  1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis ( dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
  2. Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti:
  • Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar
  • Objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, filmbingkai, film atau model
  • .Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed photografi
  • Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
  • Obyek yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dll
  • Konsep yang terlalu luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat di visualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar,dll.
  1. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi sifat pasif anak didik dapat diatasi. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk:
    • Menimbulkan kegairahan belajar
    • Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan
    • Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing.
  1. Dengan sifat yang unik pada tiapsiswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa,maka guru akan mengalami kesulitan. Semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang guru dan siswa juga berbeda. Masalah ini juga bisa diatasi dengan media yang berbeda dengan kemempuan dalam:
    • Memberikan perangsang yang sama
    • Mempersamakan pengalaman
    • Menimbulkan persepsi yang sama.

Kekurangan

Ada beberapa kelemahan sehubungan dengan gerakan pengajaran visual antar lain terlalu menekankan bahan-bahan visualnya sendiri dengan tidak menghirukan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan desain,pengembangan,produksi, evaluasi, dan pengelolaan bahan-bahan visual. Disamping itu juga bahan visual dipandang sebagai alat bantu semata bagi guru dalam proses pembelajaran sehingga keterpaduan antara bahan pelajaran dan alat bantu tersebut diabaikan.

Kelemahan audio visual:terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran.

Sumber :

http://www.smkdarunnajah.sch.id/2011/11/macam-macam-media-pembelajaran.html

About dayukiranaa

Nama : Dayukirana Esthi Wening TTL : Gunungkidul, 11 Oktober 1992 Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan mengambil Prodi PGSD. Blog ini saya buat sebagai media dalam proses pembelajaran. Dari blog ini saya menemukan pembelajaran baru pengetahuan baru tentang IT. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. ” Berani mencoba akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru” dan blog inilah salah satu hasil coba-coba saya….. : )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s