RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ……………………..

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas I Semester          :   V/I

Alokasi Waktu             :   12 x 35 menit

                                          Pert. 5 – 7 (3 minggu)

  1. I.     Standar Kompetensi

1.  Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

  1. II.  Kompetensi Dasar

1.2  Menceritakan  tokoh-tokoh  sejarah  pada  masa  Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran**

¨      Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok

  • Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
  1. V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 – 4)

Pertemuan 5-7

  • Kegiatan awal

–        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.

–        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  • Kegiatan inti
  1. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

–        Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

–        Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

–        Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

–        Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

–        melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

–        memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  1. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–        memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

–        memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

–        memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

–        memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

–        memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

–        memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

–        memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

–        memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  1.  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

–        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

–        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

–        bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

–        melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

–        memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

–        merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VI. Alat Dan Sumber Bahan

  • Alat Peraga   :   Gambar / foto tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
  • Sumber          :   Buku IPS kelas V

                                Buku yang relevan

  1. VII.                           Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • menceritakan tokoh-tokoh  sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
  • Menyebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
  • Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
  • Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Tertulis

jawab singkat

Sebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Format Kriteria Penilaian      

  1. Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

  1. Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5,

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

  • Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                             …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

Download disini : RPP Pembelajaran 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s